RSS

Tips Saat Mentok Menulis

23 Nov

by. Kindo` Unis

 “Jangankan mentok, membuat kata pendahuluan menulis aja susah!”.  Anda pernah mendengar keluhan ini? Atau, anda sendiri sedang mengalaminya? Baru jadi satu kalimat, trus dihapus lagi. Menulis lagi, dihapus lagi.  Waddohh..,kalau begini, kapan jadinya nih? *tepok jidat*.

Atau, pas lagi asyik-asyiknya nulis, tiba-tiba kehabisan materi.  Idenya mentok, mogok  deh. Kayak mobil kehabisan bensin😀. padahal kalau diomongin lancar saja ya?. Memang, bicara gampang, nulisnya yang susah.  Nah, tips-tips berikut ini mungkin bisa membantu kita agar lancar menulis.

1.    Jauhkan “penghapus”. Maksudnya, jangan hapus apa yang sudah ditulis. Meskipun hurufnya salah atau kata-katanya belum memuaskan, biarkan saja dulu. Menulislah hingga tuntas dengan kata apa saja yang pas lagi ada di pikiran tanpa membaca ulang yang terlanjur tertulis. Itu akan menghindari kita menghapus lagi dan mengganti-ganti kata hingga menulis jadi tersendat-sendat dan lama.

2. Langsung “sambar”. Bukan sambar geledek  lho ya (haddehh..!) tapi sambar ide. Kalau lagi ada ide terlintas, segera tulis sebelum  lupa dan hilang tanpa jejak. Ide-ide menarik sering muncul saat kita lagi baring-baring, lagi nonton TV/dengar musik, baca majalah, ngobrol dengan teman, masak, dll. Jadi pastikan kertas dan pulpen selalu dekat-dekat kita untuk memudahkan kita segera menulis (klu lagi makan, minum dululah sebelum menulis, nanti tassakko-sakko? hehe…). Atau ketik di Hp, simpan, terus pindahkan ke laptop/komputer kita.

3.  Biarkan berantakan. Setelah tulisan tuntas dan “sambar” ide tadi, mungkin hasilnya berantakan sebab kita menulisnya ala koboi ^_^.  Biarkan. Tahap selanjutnya baru membuat “body” tulisan agar tulisan jadi terstruktur. Susun bagian mana yang cocok jadi pendahuluan, isi, dan penutup. Dahulukan bagian yang paling ada “kuasai”.  Kalau sudah selesai, “cuek” aja hasilnya bagus atau hancur. Karena tugas utama sudah selesai: menulis. Untuk membaca, menilai, mengkritik, mengoreksi itu “tugas” orang lain hehehe…

4. Jangan disimpan.  Mintalah pendapat dan kritik orang lain. Klu hanya disimpan, nanti lambu-lambuang di laci hehehe…

5. Apa lagi di`? begitu mo dulu.   semoga bermanfaat….

Salam beru-beru`!

 
Leave a comment

Posted by on November 23, 2012 in ARTIKEL, TIPS DAN TRIK

 

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: